Pendaftaran Mahasiswa Baru Polibatam Jalur Disabilitas 2025 sudah Dibuka!

Jalur Mandiri Penyandang Disabilitas (JMPD) adalah Jalur masuk penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam yang diperuntukkan bagi Penyandang Disabilitas.

Politeknik Negeri Batam berkomitmen untuk mendorong lingkungan pendidikan yang inklusif dan aksesibel bagi semua mahasiswa, termasuk mereka yang memiliki disabilitas. Kami berusaha memberikan kesempatan yang setara bagi mahasiswa dengan disabilitas untuk mengejar pendidikan tinggi dan mewujudkan potensi penuh mereka.

Syarat dan Ketentuan :

Pendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Penyandang disabilitas;
  3. Lulusan SMA/SMK/MA/SMALB atau sederajat tahun 2023, 2024, dan 2025;
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/ SMALB atau sederajat dan Paket C tahun 2023 dan 2024 harus sudah memiliki ijazah;
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/ SMALB atau sederajat dan Paket C tahun 2025 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
  4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
  6. Calon mahasiswa mampu menggunakan komputer.

Mekanisme Pendaftaran :

  1. Peserta melakukan registrasi akun pada website https://registrasi.polibatam.ac.id/;
  2. Setelah registrasi, akan diarahkan untuk melakukan login menggunakan NIK dan Tanggal Lahir;
  3. Peserta membeli formulir pendaftaran pada website https://registrasi.polibatam.ac.id/ dengan klik menu daftar;
  4. Peserta memilih formulir pendaftaran JMPD ( Jalur Masuk Penyandang Disabilitas );
  5. Kemudian peserta akan dialihkan ke dalam menu Riwayat untuk melihat Riwayat pembelian formulir (Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui M-Banking BNI dan Teller Bank BNI);
  6. Setelah melakukan pembayaran, silahkan login kembali untuk mengisi formulir pendaftarannya;
  7. Upload Bukti Pendukung seperti:
    1. Ijazah Asli
    2. Raport per Semester
    3. Surat Keterangan Disabilitas yang ditandatangan dan stempel resmi dari Rumah Sakit/ Puskesmas/ Lembaga yang diakui pemerintah. Contoh surat dapat diunduh pada link ini Format Surat Keterangan Disabilitas
    4. Surat Rekomendasi dari Guru/ Wali Kelas/ Kepala Sekolah SMA/SMK/SMALB/MA atau sederajat yang ditdandatangani dan stempel resmi dari sekolah terkait. Contoh surat dapat diunduh pada link ini Format Surat Rekomendasi
    5. Sertifikat Prestasi (Jika ada)
    6. Sertifikat Keterlibatan di Komunitas/Organisasi (Jika ada)
  8. Lihat mekanisme pendaftaran secara umum di https://registrasi.polibatam.ac.id/cara-pendaftaran/ ;
  9. Pendaftaran dinyatakan berhasil, jika sudah memiliki kartu peserta;
  10. Peserta akan dihubungi untuk melakukan wawancara (mohon dipastikan nomor telfon yang dimasukkan merupakan nomor WA aktif);

Program Studi

Penentuan program studi dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses asesmen atau wawancara

📌 Jadwal Penting:

21 – 24 Agustus 2025 : Pendaftaran Secara Online
25 – 26 Agustus 2025 : Pengumuman Wawancara dan Verifikasi Kondisi Disabilitas
27 Agustus 2025 : Wawancara dengan Koordinator Program Studi (KPS)
28-29 Agustus 2025 : Pengumuman Hasil dan Daftar Ulang