loader

Informasi Daftar Ulang

Mekanisme dan Tata Cara Daftar Ulang
Mahasiswa Baru

Bagi peserta calon mahasiwa baru yang telah dinyatakan lulus jalur masuk Politeknik Negeri Batam dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan sebagain berikut :

  1. Hasil seleksi dan status kelulusan dapat diperiksa melalui website http://registrasi.polibatam.ac.id/login dengan login masing-masing.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan daftar ulang sesuai tanggal yang ditentukan
  3. Proses daftar ulang hanya dapat dilakukan di hari kerja senin sd jumat, pukul 08.30 sd 14.30 WIB
  4. Peserta yang tidak melakukan daftar ulang pada jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri
  5. Bagi peserta dengan pilihan Program Studi Teknik Perawatan Pesawat Udara masih ada Tes lanjutan
  6. Daftar ulang dapat dilakukan secara online dan offline dengan persyaratan sebagai berikut;
    1. Scan atau file foto asli Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) bagi peserta telah lulus di tahun 2020 dan sebelumnya
    2. Surat keterangan sekolah yang menyatakan peserta adalah siswa kelas 12, bagi peserta yang akan lulus di tahun 2021
    3. Scan atau file foto asli Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    4. Scan atau file foto asli Kartu Keluarga (KK)
    5. Scan atau file foto asli surat keterangan Tidak Buta Warna bagi peserta yang diterima di program studi Teknik Elektronika, Teknik Elektronika Manufaktur, Teknik Instrumentasi, Teknik Mekatronika, Teknik Robotika, Teknik Rekayasa Pembangkit Energi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Animasi
    6. Scan atau file foto asli Kartu BPJS Kesehatan
    7. Bukti transfer pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal)
    8. Bukti transfer pembayaran uang pengembangan institusi
  7. Bagi peserta yang melakukan daftar ulang secara online, semua berkas dapat di kirimkan melalui email:
    1. Untuk jalur UMPB kirimkan ke email umpb@polibatam.ac.id
    2. Untuk jalur PMDK kirimkan ke email pmdk@polibatam.ac.id
    3. Untuk jalur RPL kirimkan ke email rpl@polibatam.ac.id
    4. Untuk jalur SNMPN kirimkan ke email snmpn@polibatam.ac.id
    5. Untuk jalur SNMPTN kirimkan ke email snmptn@polibatam.ac.id
    6. Untuk jalur SBMPN kirimkan ke email sbmpn@polibatam.ac.id
    7. Untuk jalur SBMPTN kirimkan ke email sbmptn@polibatam.ac.id
  8. Mekanisme daftar ulang sebagai berikut:
    1. Peserta yang telah dinyatakan lulus melalui laman: registrasi.polibatam.ac.id/login
    2. Peserta membuka laman: sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang untuk mendapatkan kode pembayaran dan jumlah pembayaran,( tata cara dapat dilihat di lampiran)
    3. Kode pembayaran akan diinfokan melalui email students yang telah dibuatkan oleh Politeknik Negeri Batam dengan menggunakan nama peserta.
      Contoh email students :
    4. Peserta melakukan pembayaran sesuai dengan Virtual Account/ kode pembayaran yang terkirim lewat email
    5. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui BANK BNI
    6. Mahasiswa melakukan daftar ulang secara online (kirim berkas ke email) atau offline (datang langsung ke Politeknik Negeri Batam)
    7. Proses daftar ulang dilakukan selama 1 x 24 jam
    8. Biaya kuliah dan kelebihan pembayaran yang sudah disetorkan tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun. Pastikan pembayaran sesuai dengan tagihan di virtual account masing-masing.
  9. Setelah pembayaran, pengiriman berkas, dan verifikasi oleh Politeknik Negeri Batam, calon mahasiswa dapat mengetahui Nomor Induk Mahasiswa/NIM di website: http://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/. Calon mahasiswa harus memastikan data yang diunggah adalah benar dan lengkap.
  10. Permohonan keringanan biaya bagi yang memiliki keterbatasan ekonomi dapat diajukan sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan dan dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Mengisi formulir pengajuan permohonan keringanan sesuai dengan kemampuan yang dapat diunduh di http://registrasi.polibatam.ac.id/home
    2. Informasi persetujuan pengajuan UKT selambat-lambatnya 2 minggu setelah berkas di serahkan.
    3. Informasi mengenai persetujuan pengajuan UKT dapat dilihat di http://registrasi.polibatam.ac.id/home
      Kriteria dan persyaratan UKT adalah:
      • Melampirkan slip gaji yang sah dari perusahaan atau surat pernyataan pengganti slip gaji yang di tanda tangani diatas materai dan mengetaui Rt/rw setempat
      • Melampirkan bukti bayar yang sah rekening listrik dan air
      • Fotocopy Kartu keluarga/KK
      • Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan



TATA CARA PEMBAYARAN

  1. Mahasiswa mengunjungi laman web berikut: http://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/

    Untuk Login, silakan isikan : No pendaftaran dan tanggal lahir saat melakukan pendaftaran mahasiswa baru.
  2. Tampilan setelah melakukan login adalah sebagai berikut

    Ket:
    • Untuk mengetahui jumlah bayar silakan klik detail pembayaran (panah pertama) maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
    • Jika sudah mengetahui total nominal yang harus dibayarkan, klik button tutup.
    • Cek poin A (panah kedua) pastikan semuanya terisi dengan benar dan email yang digunakan adalah email yg aktif agar proses pengiriman kode pembayaran dapat berjalan.
    • Klik button “buat kode pembayaran” jika berhasil, pergi ke akun email yg diisi sebelumnya untuk melihat pesan masuk berupa kode pembayaran. Seperti dibawah ini
    • Lakukan pembayaran sesuai dengan VA number dan nominal tagihan dan
    • biaya admin sebesar Rp2.500,00 (dua ribu lima ratus rupiah) yang tertera di email Anda.
    • Data pembayaran paling lambat diverifikasi dalam waktu 1x24 jam. Silakan periksa kembali status pembayaran anda di laman web berikut: http://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/
  3. Jika pembayaran sudah diverifikasi, silakan melengkapi data diri.
    Silakan buka browser (Firefox/Chrome), lalu ketik: http://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/, lalu login. (Lakukan seperti pada langkah no.1).
    Setelah berhasil login, akan tampil seperti dibawah ini:
  4. Lengkapi semua isian data diri dengan benar dan dapat dipertanggung jawabkan.
  5. Pastikan menekan tombol “Simpan” supaya data yang sudah diisi tersimpan.
  6. Jika sudah melengkapi data diri dengan benar maka Anda perlu mengkonfirmasi kebagian akademik/pusat informasi di Politeknik Negeri Batam untuk mendapatkan NIM dan mengetahui dimana kelas Anda terdaftar.


Tata Cara Daftar Ulang Mahasiswa Baru