• Politeknik Batam - Politeknik Batam berdiri pada tahun 2000 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional pada 26 Januari 2001 bernomor 235/D/0/2000, dan berubah menjadi negeri pada tanggal 18 Oktober 2010 melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 26 tahun 2010.

  • Jurusan Teknik Elektronika

    Jurusan Teknik Elektro memiliki 2 Program Studi:

    • Teknik Elektronika, Jenjang Diploma III
    • Teknik Mekatronika, Jenjang Sarjana Sains Terapan

D3 TEKNIK MESIN PERAWATAN PESAWAT UDARA

 

Silahkan unduh brosur Jurusan Teknik Mesin Perawatan Pesawat Udara pada link dibawah ini :

Brosur Teknik Mesin

Jurusan

Teknik Mesin

Program Studi

D3 Teknik Mesin Perawatan Pesawat Udara

Latar Belakang Program Studi Teknik perawatan Pesawat Udara Politeknik Negeri Batam adalah program diploma III yang yang lulusan memiliki Lisensi  Dasar / Basic Licence dari DKUPPU Kemenhub. Program Studi yang alumni nya saat ini sangat dibutuhkan oleh industry penerbangan baik nasional maupun internasional.

Profil lulusan Program Studi Aeronautika adalah  Teknisi Perawatan Pesawat Udara yang professional (memiliki Lisensi dari DKUPPU),, memiliki disiplin yang tinggi,  sehat jamani dan rohani,  bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan  segala peraturan –peraturan Keselamatan Penerbangan sipil / Civil Aviation Safety Regulations (CASR).

Kompetensi kelulusan

  1. Mekanik pesawat udara mempunyai tugas ya yaitu melakukan perawatan, perbaikan dan pembongkaran rangka, mesin, komponen dan asesoris pesawat udara sehingga pesawat udara kembali layak terbang (airworthy) dan aman untuk diterbangkan (safe for flight)
  2. Untuk dapat menjadi mekanik pesawat udara, tahap pertama seseorang harus melalui pendidikan dasar mekanik atau perawatan (basic license training) pesawat udara. Sesuai peraturan, pelatihan tersebut harus dilakukan selama minimal 3000 jam atau kurang lebih selama 18 bulan.Siswa pelatihan ini adalah lulusan SMA IPA atau SMK teknik. Setelah lulus pelatihan dengan materi 40% teori dan 60%praktek maka siswa berhak mendapatkan Basic License dan boleh melakukan perawatan pesawat udara di bawah supervisi dari seorang pemegang AMEL (Aircraft Maintenance Engineer Licence). Jenis pekerjaan yang boleh dilakukan adalah sesuai dengan Basic License yang didapatkan selama pelatihan. Jenis-jenis Basic License adalah:
    ·A1: Airframe - airplane
    ·A2: Airframe - helicopter
    ·A3: Piston engine
    ·A4: Turbine engine
    ·C1: Radio
    ·C2: Instruments
    ·C4: Electrical
  3. Jenjang Karir Mekanik Pesawat UdaraSipil
    ·Tahap ke dua dari jenjang karir seorang mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Aircraft Maintenance Engineer (AME). Untuk dapat lisensi AME seorang mekanik pemegang Basic License harus melakukan pelatihan untuk tipe-tipe pesawat tertentu. Seorang AME diperbolehkan melakukan perawatan pesawat udara secara langsung dibantu oleh mekanik-mekanik pemegang Basic Certificate.
  4. Puncak profesi mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Maintenance Approval holder, yaitu seorang mekanik yang mempunyai otoritas mengijinkan (stamp) pesawat udara yang telah selesai dirawat kembali terbang (return to service/RTS).


    Jadi, untuk menjadi mekanik pesawat udara sipil professional, pelatihan pertama yang harus diikuti adalah Basic License Training. Dari seluruh lembaga pelatihan penerbangan yang ada di Indonesia, hanya ada empat lembaga pelatihan mekanik pesawat udara (AMTO) yang menyelenggarakan Basic License Training. Semuanya terdapat di pulau Jawa. Jumlah lulusan dari ke empat lembaga pelatihan ini belum mencukupi jumlah permintaan mekanik pesawat udara di Indonesia. Selain kapasitasnya sudah maksimal, sebelum lulus siswa-siswa-sudah lembaga pelatihan tersebut dipesan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di tanah air (PT GMF, PT Lion Air, dll.).

Posisi pekerjaan

  1. Mekanik/Teknisi Pesawat Udara GMF AeroAsia
  2. Mekanik Pesawat Udara Garuda Indonesia
  3. Mekanik Pesawat Udara Lion Air
  4. Mekanik Pesawat Udara Sriwijaya Air
  5. Mekanik Pesawat Udara Citilink
  6. Teknisi Perakitan Pesawat Udara PTDI
  7. Inspektur Kementerian  Perhubungan

 

 




Informasi Pendaftaran

Tahun ini Politeknik Negeri Batam membuka pendaftaran untuk 9 program studi dengan perincian...

Form Pendafaran

Anda dapat melakukan pendaftaran secara online yang tertera pada sub menu Pendaftaran...

Pengumuman Ujian

Anda dapat melihat Pengumuman hasil ujian anda pada sub menu Pengumuman...

Hubungi Kami

Email : info@polibatam.ac.id
Phone : +62-778-469856
Fax : +62-778-463620