loader

UMPB

UJIAN MASUK MANDIRI
POLITEKNIK NEGERI BATAM TAHUN 2020/2021

A. GAMBARAN UMUM

Penerimaan Mahasiwa Baru jalur seleksi Ujian Masuk Politeknik Batam (UMPB), merupakan ujian tertulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Batam dan peserta hanya dapat memiliki pilihan program studi di Politeknik Negeri Batam saja, sesuai dengan jenis programnya mencakup Ujian masuk untuk program studi D3 & D4 reguler Pagi, D3 & D4 reguler malam, dan D-3 RPL Malam


B. JALUR SELEKSI PENERIMAAN

Jalur seleksi ujian masuk memiliki persyaratan administrasi dan mekanisme persyaratan penerimaan mahasiswa baru yang tertuang di tabel berikut ini:

C. METODE & KRITERIA SELEKSI

Jalur seleksi ujian masuk penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam memiliki metode dan kriteria seleksi seperti pada tabel berikut ini :

Jenis Program Metode Seleksi Kriteria Seleksi
UMPB Reguler Pagi dan Malam Ujian, di mana materi dasar yang diujikan adalah:
• Matematika Teknik (Rekayasa)
• Matematika Bisnis (Tata Niaga)
• Bahasa Inggris & Indonesia

Sedangkan tes tambahan dari jurusan meliputi:
• Fisika Dasar (Prodi MK, EL, MS, RB, INS, EM, PE & GEO)
• Tes menggambar (Prodi MJ & ANI)
• Ujian TIK (Prodi IF)
Ditentukan tim seleksi saat rapat kelulusan.

Ditentukan oleh masing-masing jurusan.
Ujian khusus utk program D3 perawatan Udara Materi ujian :
• Matematika Teknik (Rekayasa)

Sedangkan tes tambahan meliputi:
• Psikotes
• Tes Kesehatan
Ditentukan tim seleksi saat rapat kelulusan.

Psikotes dan tes kesehatan berdasarkan hasil rekomendasi dari lembaga yg telah di tetapkan oleh Poltek Batam
UMPB RPL

• Ujian masuk dilakukan dengan skema assesmen terhadap mata kuliah yg di ajukan dengan menyertakan bukti berupa: sertifikasi, pengalaman kerja, dan transkrip nilai

Ditentukan tim seleksi saat rapat kelulusan.

E. JADWAL SELEKSI JALUR MASUK PENERIMAAN POLITEKNIK NEGERI BATAM

Kegiatan Pendaftaran Pelaksanaan Ujian Pengumuman Daftar Ulang
Reguler Pagi Reguler Malam/Industri Ujian Bidang**
Teknik Non-Teknik Teknik Non-Teknik
SBMPTN(Khusus Kelas Pagi dan D4) 2 sd 13 Juni 2020 - - - - - 30 Juni 2020 30 Juni sd 10 Juli 2020
Gelombang 4 26 Juni sd 30 Juli 2020 *09 Agustus 2020 *09 Agustus 2020 *09 Agustus 2020 *09 Agustus 2020 - - -
Orientasi *29 sd 30 Agustus 2020 - - - - - - -
Perkuliahan *07 September 2020 - - - - - - -

*Jadwal tentative (dapat berubah sewaktu-waktu)
**Khusus Program Studi ANIMASI dan MULTIMEDIA & JARINGAN

F. PERSYARATAN DAFTAR ULANG

Untuk ditetapkan menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Batam, calon mahasiswa wajib melakukan daftar ulang apabila telah dinyatakan lulus berdasarkan pegumuman seleksi yang telah diikuti oleh calon mahasiswa. Adapun persyaratan daftar ulang yang telah ditetapkan sebagai berikut ini :

    Membawa surat keterangan sudah bekerja (WAJIB untuk kelas malam) keabsahan surat keterangan bekerja akan diverifikasi (asli dan softcopy).

    Bukti setor/transfer biaya kuliah (asli dan softcopy).

    Membawa Surat Tanda Kelulusan (STK) Surat Tanda Kelulusan (STK) yang sudah dilegalisir asli 1 lembar (asli dan softcopy).

    Membawa Ijazah SMK/SMA yang sudah di legalisir(asli dan softcopy).

    Tanda Pengenal/KTP/SIM yang masih berlaku(asli dan softcopy).

    Kartu Keluarga (KK) (asli dan softcopy).

    Kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)(asli dan softcopy).

    Kartu BPJS kesehatan calon mahasiswa (WAJIB)(asli dan softcopy).

    Slip Gaji Terakhir dan Surat Pernyataan Kemampuan Ekonomi Orang Tua/Wali Mahasiswa (Download Disini) (asli dan softcopy).

    Surat keterangan tidak buta warna (khusus untuk peserta yang lulus di prodi Teknik Elektronika (EL), Teknik Elektronika Manufaktur (EM), Teknik Robotika (RB), Instrumentasi (INS), Teknik Mekatronika (MK), Animasi (ANS) & Teknik Multimedia & Jaringan (MJ) (asli dan softcopy).

    Materai Rp6.000,- sebanyak 2 lembar.


G. MEKANISME DAFTAR ULANG

    Peserta ujian membayar biaya kuliah sesuai yang jumlah dan aturan pembayaran yang ditetapkan.

    Peserta menyerahkan bukti pembayaran kepada panitia.

    Panitia akan memberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan berkas pendaftaran kepada peserta untuk diisi.

    Peserta mengisi berkas pendaftaran dan menyerahkan kembali kepada panitia.

    Panitia mengecek dan memvalidasi kelengkapan berkas.

    Peserta menunjukkan fotokopi Tanda Pengenal/KTP/SIM yang masih berlaku 1 lembar (ukuran a4).